LKPD SISWA KELAS 5 SISTEM PENCERNAAN
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DARING
SDN CAMPURDARAT 1,KEC. CAMPURDARAT, KAB. TULUNGAGUNG
NAMA
SISWA :1…………….
2……………..
3 ……………
KELAS : V
(LIMA)
TEMA/
MATA PELAJARAN : Tema 3 (tiga)
Makanan Sehat
SUB
TEMA : 1.(satu)
Bagaiamana Tubuh Mengolah Makanan
PEMBELAJARAN : 2 (Dua) Membuat model
sederhana organ pernapasan manusia
JUDUL :
Membuat model sederhana organ pencernaan manusia untuk memahami sistem
organ pencernaan manusia.
TUJUAN KEGIATAN :
- Dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu
mendeskripsikan organ-organ pencernaan pada manusia.
- Dengan membuat bagan, peserta didik mampu
membedakan organ pencernaan hewan dan manusia.
ALAT DAN BAHAN :
à
Gambar atau
model organ pencernaan manusia, teks bacaan tentang organ pencernaan
manusia,
à
Video
tentang organ pencernaan pada manusia yang di unduh melalui Youtube. Dengan
link : https://youtu.be/8gvvB9POcVQ
à
Video tentang organ pencernaan
pada hewan yang di unduh melalui Youtube
dengan link : https://youtu.be/1jimM6F8tnM
dan siswa mengamati
LANGKAH KEGIATAN :
Ø Sebelum
mulai pembelajaran siswa dibimibing untuk membaca do’a melalui aplikasi Whas
App Group.
Ø Siswa
menggali informasi tentang organ-organ pencernaan manusia melalui teks bacaan
yang disediakan melalui link : https://faridaretnosari87.blogspot.com/2020/09/sistem-pencernaan-pada-manusia.html
Ø Guru
memberikan penjelasan tentang organ- organ pencernaan manusia dan fungsinya,
berikan penekanan pada perjalanan makanan dalam proses pencernaan melaui
aplikasi voice note.
Ø Siswa
dengan bimbingan guru mencermati gambar organ-organ pencernaan manusia yang ada
di buku siswa dan membaca fungsi tiap-tiap organ dengan rinci.
Ø Siswa
mencermati teks bacaan yang ada di buku siswa yang berisi informasi pengetahuan
tentang proses pencernaan manusia. Siswa mencermati tahapan-tahapan proses
pencernaan pada manusia, mulai dari mulut sampai ke saluran pembuangan.
Berikut ini adalah proses pencernaan makanan
pada manusia.
2. Proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi.
3. Proses menelan makanan di kerongkongan.
4. Proses pemecahan makanan dari zat yang kompleksmenjadi
molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
5. Proses penyerapan sari-sari makanan yang terjadi di usus halus.
6. Proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ
anus.
Ø Guru
membagikan video tentang organ pencernaan pada manusia yang di unduh melalui
Youtube. Dengan link : https://youtu.be/8gvvB9POcVQ
dan mengamati
Ø Guru
membagikan video tentang organ pencernaan pada hewan yang di unduh melalui Youtube dengan link : https://youtu.be/1jimM6F8tnM
dan siswa mengamati.
Ø Setelah
menyaksikan video yang di putar oleh guru siswa membandingkan alat pencernaan
pada manusa dan hewan dengan membuat tabel.
Ø Perwakilan
mempresentasikan tabel perbandingan yang dibuat.
Ø Kelompok
yang lain mengamati, memberikan masukan atau bisa juga menyanggah.
Ø Membuat
kesimpulan hasil pengamatan.
HASIL PENGAMATAN
Setelah menyaksikan video yang diputar oleh
guru, dan mendengarkan penjelasan dari guru
Diskusikan dengan kelompokmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini:
1.
Bagaimana
makanan tersebut dapat sampai ke seluruh bagaian tubuh kita? Ceritakanlah !
2.
Tuliskan
gerakan apa saja yang mengakibatkan makanan sampai ke lambung!
3.
Tuliskan
alat-alat pencernaan makanan pada manusia dan jelaskan fungsi masing-masing
alat tersebut!
4.
Tuliskan
tahapan-tahapan proses pencernaan manusia!
5.
Buatlah
tabel persamaan dan perbedaan sistem pencernaan manusia dan hewan !
6.
Presentasikan
hasil perbandingan kelompokmu di depan kelas !
Setelah
memperhatikan hasil pengamatan dari kelompok lain, jawablah pertanyaan di bawah
ini kemudian buat kesimpulannya !
1.
Coba kamu
tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia. Apa saja fungsi
umum dari sistem pencernaan manusia dan hewan?
2.
Apa yang
akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan
baik ?
3.
Apa yang
akan kalian lakukan untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat dan bergungsi
dengan baik?
KESIMPULAN
Tuliskan hasil kesimpulanmu pada
lembar kerja di bawah ini!
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jawaban siswa di tulis pada buku tulis, kemudian jawaban di kirim melalui
Whats app pribadi guru atau bisa di tuliskan di kolom komentar pada blog yang
dikirim oleh guru.
anak-anak bisa mengirimkan jawabannya dengan cara mengupload di kolom komentar.
BalasHapus